Manfaat Tidur Menghadap ke Kanan

1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri
Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bagian kanan adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya kita menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas seperti makan, memegang dan lainnya. Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktiftas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam. Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak , asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga jika seseorang beresiko terkena stroke, maka yang beresiko adalah otak bagian kanan, dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan).

2. Mengurangi beban jantung.
Posisi tidur kesebelah kanan yang rata memungkinkan cairan tubuh (darah) terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan ( bawah ). Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun. Kondisi ini akan membantu kualitas tidur.

Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Hal ini disebabkan karena posisi jantung yang lebih condong berada di sebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan, karena darah yang masuk ke atrium juga banyak yang disebabkan karena paru-paru kanan berada di atas. Sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.

3. Mengistirahatkan lambung.
Lambung manusia berbentuk seperti tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap kearah kanan bawah. Jika seorang tidur kesebelah kiri maka proses pengeluaran chime ( makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur asam lambung ) akan sedikit terganggu, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung. Hambatan ini pada akhirnya akan meningkatkan akumulasi asam yang akan menyebabkan erosi dinding lambung. Posisi ini juga akan menyebabkan cairan usus yang bersifat basa bias masuk balik menuju lambung dengan akibat erosi dinding lambung dekat pylorus.

4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
Adanya aliran chime yang lancar akan menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, hal ini akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pancreas juga akan meningkat dengan posisi mirin ke kanan.

5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.
Saat tidur pergerakan usus menigkat. Dengan posisi sebelah kanan, maka perjalanan makann yang telah tercerna dan siap di serap akan menjadi lebih lama, hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada dibawah. Waktu yang lamam selamat tidur memungkinkan penyerapan bias optimal.

6. Merangsang buang air besar (BAB)
Dengan mtidur miring ke sebelah kanan , proses pengisian usus besar sigmoid ( sebelum anus ) akan lebih cepat penuh, jika sudah penuh akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air Besar.

7. Mengisitirahatkan kaki kiri
Pada orang dengan pergerakan kanan, secara ergonomis guna menyeimbangkan posisi saat beraktifitas cenderung menggunakan kaki kiri sebagai pusat pembebanan. Sehingga kaki kiri biasanya cenderung lebih merasa pegal dari kanan, apalgi kaki posisi paling bawah dimana aliran darah balik cenderung lebih lambat. Jika tidur miring kanan , maka pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang.

8. Menjaga kesehatan paru-paru
Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan lebih besar. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.

9. Menjaga saluran pernafasan
Tidur miring mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Tidur dengan posisi telentang, mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah. Yang juga mengakibatkan seseorang mendengkur. Orang yang mendengkur saat tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Bahkan terkadang dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu kualitas tidur.

Tulisan diatas saya copas dari kaskus yang di thread oleh vloens. Dia menyebutkan sumbernya adalah http://www.simplearning*Forbidden*/2…-ke-kanan.html


32 Tanggapan to “Manfaat Tidur Menghadap ke Kanan”

  1. rizan Says:

    wah,saya tidak sampai berpikir sejauh itu waktu tidur.kalo lihat kasur + bantal,langsung saja terbius keadaan.hehe
    maturtengkiyu pak infonya :)

  2. Ferry Prima Says:

    saya kidal. kebanyakan mikir juga kayagnya pakai otak kiri. jadi saya normalnya memang tiduran hadap kanan. soalnya kalau hadap kiri. otak saya serasa kegencet. ga bisa mikir :D

  3. Shinta Says:

    jadi kalo tidurnya tengkurep salah ya?? ;b

    visit my web ya..

    http://www.dbc-network.com/index.php?id=youthvisions

    sukses!!

  4. dreesc Says:

    dree bobo nya guling2… pak… gimana dong??

  5. Komunitas Salesman Says:

    Info yang menarik

  6. eelham182 Says:

    mantab ni blog pak osu.hehehe. slm knal jg

  7. Brotoadmojo Says:

    infonya mantab pak, harus belajar tidur teratur nich… biasanya tidur saya mana hadap :D
    terimakasih

  8. ichanx Says:

    gw kalo tidur gak bisa mulai dengan miring… harus telentang… tapi pas bangun, biasanya posisi udah berubah jadi nungging, miring kiri, miring kanan, dsb.. :))

  9. intan Says:

    waaa, slama ini saya manghadap ke kiri. salah ya!! :D

  10. nanaharmanto Says:

    Wah, saya baru tahu nih manfaat tidur miring ke kanan…
    saya biasanya tidur kayak kebo, miring ke satu sisi udah pegel, ganti posisi miring sisi yang lain, tapi nggak pernah memikirkan sampai segini seriusnya… *dasar saya kebo… :)

  11. yordan Says:

    kunjungan balik dari sebelah mas :D

  12. antokcupu Says:

    terima kasih atas tips sekaligus infonya ini
    sebelumnya aku gak tahu
    hehehe
    tengkyu :D

  13. pexone Says:

    bagus banget infonya. ternyata sebanyak itu manfaatnya karena tidur miring ke kanan.
    sukses trus bwt pakosu..
    kalo ada waktu silakan mampir di http://pexone.wordpress.com
    thanks

  14. Indonesia Blogger Teens Says:

    Kayak cara Rasulullah ya? Mang yang dicontohkan rasul terlalu terbukti!

  15. aRai Says:

    kalo tidur menghadap kiri berarti kebalikannya ya

  16. mariasunarto Says:

    kalau tifur miring kekanan memang pagi-pagi sesudah minum air putih langsung buang air besar gampang. kalau kekiri gak tahan lama sesak .
    trima kasih ya oom

  17. Hackeldo Says:

    wah…banyak manfaatnya tidur menghadap kekanan, heheh aku biasanya tengkurep..
    ubah cara tidur nih

  18. re citb Says:

    O.o banyak jga manfaatnya,. aku klo tidur tu, walopun pas tidur ngehadap kanan, tapi akhirnya muter-muter juga arah tidurku.. huehehe

  19. Jabon Says:

    baru tau nich,,
    infonya oke

  20. Andrew Says:

    kl saya suka nya menghadap ke atas saja …. hehheheee

  21. Syafruddin Azhar Says:

    Artikel yang mencerahkan, sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita di bidang kesehatan tubuh. Terima kasih.

  22. Syafruddin Azhar Says:

    Mari kita hidup sehat selalu…

  23. Yulian M Says:

    Nabi Muhammad juga mensunahkan tidur ke arah kanan… Tapi saya kalau tidur tetap aja tengkurap ^_^ hehehehe
    Makasih Pak udah sudi mampir ke blog saya :)

  24. bluethunderheart Says:

    blue suka postingan ini
    menatrik
    salam hangat dari blue

  25. Sugeng Says:

    Subhanallahu
    ternyata nuwbuat Rasulullah SWA bis dibuktikan secara ilmiah :cool:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  26. Sugeng Says:

    Upsss…. :oops: salah, Maksudku Rasulullah SAW. Mohon dimaafkan :lol:

  27. Billy Says:

    bagus banget infonya. ternyata sebanyak itu manfaatnya karena tidur miring ke kanan. sukses trs untuk info artikelnya

    http://portalusaha.com -> situs UKM Indonesia

  28. cara, budidaya, tanam, pepaya Says:

    akhirnya tahu trims tipnya. berguna banget

  29. Ayu Mustika Says:

    Trims atas info pengetahuan nya pak..salam kenal dan nitip info yah http://batu-mustika.indonetwork.co.id/batu-mustika-bertuah

  30. tommy Says:

    hiks,., baru tau tuch sob,., biasanya kalo ada bantal guling dan udah ngantuk yach tidur dech,., salam dari Manado :)

  31. toni Says:

    wah saya kalo sudah tidur tidak ingat lagi miring ke kiri to ke kanan? tp ni tips yg sangat bermanfaat saya menyukai nya?

  32. afasy Says:

    tips yang bermanfaat? moga sukses selalu ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: