Rosella

Awalnya diberi teman. Teman PakOsu menyebutnya teh merah. Terbuat dari kuntum bunga yang dikeringkan. Dia bawa dari kampungnya di Blora sana. Diseduh dengan air panas mendidih, lalu diamkan. Setelah beberapa saat, bener kata teman itu,  air seduhannya berwarna merah seperti minuman berkarbonasi merek coca cola. Rasanya asem, tidak terlalu asem sih. Ya, tergantung banyak sedikit kuntum bunga kering yang di seduh. Enak diminum dicampur dengan sedikit gula, rasanya jadi asem-asem manis karena gulanya sedikit, tentu.

Sudah dua minggu ini PakOsu membekali diri untuk pelepas dahaga dalam perjalanan ke tempat gawe dengan air seduhan ini. Pak Osu memasukkan dua kuntum bunga kering itu ke dalam rebusan air mendidih 600 ml. Air yang yang sudah berwarna persis coca cola warna merah itu kalau sudah dingin PakOsu masukkan ke botol mantan kemasan air mineral. Haus diperjalanan tinggal ambil botol air itu, glek.glek..glek… seger. Manfaat yang PakOsu rasakan setelah rutin minum air rebusan itu badan terasa enak, jarang flu didapat.

Hari ini, sabtu 24 April 2010 PakOsu membaca koran Kontan. Di halaman 15 PakOsu membaca berita : Meracik Peruntungan dari Bisnis Kecap Rosella. Setelah diperhatikan gambar bunga yang ada pada kertas etiket yang menempel di botol kecap kayaknya sama dengan dengan bunga kering yang sering diseduh. Berarti bunga kering yang disebut teman PakOsu sebagai teh merah adalah bunga Rosella. Kata Koran salah satu manfaat bunga itu adalah menurunkan hipertensi.

Satu Tanggapan to “Rosella”

  1. snowyautumn Says:

    rosella emang bgus tuh bwt ksehatan,,enak jg

    @ snowyautumn
    Betul, bro.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: