Diguyur

Bagaimana rasanya diguyur? Bisa macam-macam. Misal, kalau lagi dalam keadaan udara panas dan badan lagi gerah lalu diguyur air, amboi, sedap nian kawan. Tapi jika lagi dalam perjalanan sebagai biker tiba-tiba diguyur air hujan, pasti gak enak. Malah mungkin mengomel merutuki nikmat alam itu. Yang pasti kalau diguyur jelas basah, sebab yang nama nya diguyur dengan pengertian umum bahan pengguyur adalah bahan cair baik berupa air, maupun bahan cair lainnya. Ayo kita lihat pengertian diguyur menurut kamus.

Nah, ini ada pengertian diguyur yang pengertiannya lain. Coba baca berita beberapa hari lalu pengakuan Gayus Tambunan kepada penyidik Mabes Polri. Kata Gayus Tambunan melalui pengacaranya sebagaimana yang dikutip oleh Jaksa Agung dalam rapat dengar  pendapat dengan anggota Komisi III DPR kemaren (5 Mei 2010), dia telah mengguyur  jaksa penyidik kasus yang bertugas menyidik kasusnya sebesar lima miliar rupiah. Berkat guyuran itu dia mendapat tuntutan ringan dari jaksa. Lalu dalam persidangan terdahulu  sebagaimana sudah sering disiarkan media massa hakim menghukum Gayus dengan hukuman yang sangat ringan. Dan bukan hanya jaksa yang kena guyur ala Gayus Tambunan, pihak aparat kepolisian dan hakim juga menerima guyuran itu. Mereka dengan senang hati menerima guyuran yang bikin rekening tabungan di bank membengkak secara luar biasa. Hasil dari guyuran juga yang seharusnya waktu penyidikan terdahulu Gayus ditahan dan rumahnya disita, hal itu tidak dilakukan. Waktu izin blokir rekening bank milik Gayus dibuka, kembali guyur-mengguyur yang tanpa air atau cairan lainnya ini terjadi. Gak Percaya? Baca, dong, Koran harian Jurnal Nasional 6 Mei 2010.

Nah, kawan, akibat guyuran yang tidak wajar ini enam anggota polisi dari berpangkat ajun komisari polisi sampai brigadier jenderal polisi ditetapkan statusnya sebagai terperiksa.

Terperiksa. Apa pula itu? Maklum PakOsu bukan sarjana hukum jadi pengertian akan kata itu gak mudeng. Selama ini yang sering dibaca dan didengar adalah kata: saksi, tersangka, dan terpidana. Nah, kalau ada pembaca yang tahu pengertian terperiksa itu, bagi-bagi ilmu disini, ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: