Emang Mahal

Mahakarya maestro Spanyol, Pablo Picasso, bikin geger dunia perlukisan. Kali ini salah satu lukisannya berjudul Nude, Green Leaves and Bust (Telanjang, Daun Hijau dan Payudara) terjual 106,5 juta dolar AS atau sekitar Rp. 973 miliar. Demikian berita dari koran Berita Kota, 7 Mei 2010. Lukisan berukuran panjang 1,5 meter dan lebar 1,2 meter ini yang dibuat Picasso 1932 terjual melalui Balai Lelang Christie`s New York, selasa (4/5-2010) waktu setempat. Harga lukisan Picasso itu mengalahkan harga tertinggi karya seni sebelumnya, yaitu patung karya Alberto Giacometti berjudul Walking Man I (Pria Berjalan I). Patung perunggu itu terjual seharga 104 miliar rupiah (kebenaran harga patung itu coba gugling di mbah google).

Apa yang bisa diambil dari berita itu? Inilah kesimpulan non ilmiah hanya berdasarkan nalar yang tidak jenius bin biasa-biasa saja versi PakOsu.

  1. Tingginya nilai apresiasi masyarakat bule terhadap hasil karya seni. Kalau ente-ente tahu, coba diberitahukan ke PakOsu lukisan atau patung apa di Indonesia yang terjual dengan harga mencapai puluhan miliar rupiah. Adakah, berapa duit harga jualnya, dijual melalaui lelang terbuka kapan?
  2. Lukisan atau karya seni lainnya semakin tua semakin mahal. (kayak minuman anggur aja, ya).
  3. Jamak nilai suatu karya seni jadi malah makin mahal setelah sang pencipta karya seni itu meninggal dunia. Belum pernah PakOsu dengar harga lukisan bisa mencapai ratusan juta dolar AS ketika pelukisnya masih hidup. Kalau ada yang melawan tesis itu, ya, kasih tau lagi PakOsu.
  4. Bagi penikmat seni sejati harga adalah nomor sekian, alias tidak menjadi masalah bagi kantong mereka. Mereka mengedapankan kepuasan hati dan kebanggaan memiliki. Ya, itu tadi, lukisan Picasso itu misalnya. Kalau orang awam seperti PakOsu mesti mikir sejuta kali mau menginvestasikan uang segitu banyak hanya untuk selembar kanvas seukuran 1,80 m2.
  5. Eh, kira-kira siapa yang beli lukisan itu? Main tebak-tebakan, ya…

Foto diatas di copas dari sini.

28 Tanggapan to “Emang Mahal”

  1. dafiDRiau Says:

    Apa yang menarik dari Lukisan itu Pak Osu.,.??? kok segitu mahalnya…

  2. fauzan Says:

    Aku lihat tidak ada yang istimewa, mengapa mahal ya..?? ya maklum saya kan bukan orang seni jadi nggk tau..!!

  3. mari0sy Says:

    kunjungn balik pakOsu
    mahal gk t ye?

  4. Noe² Says:

    yang punya pasti bukan nunu dan juga bukan Pak Osu … bener gak tebakan nunu?

  5. kawanlama95 Says:

    seni hanya untuk seni , itulah sebuah penilaina menurut kaum yang katanya sangat menghargai seni. met malam,sukses selalu untuk anda

  6. orang kampung Says:

    kalo orang indonesia gak mikir2 gengsi tinggi dan nilai seni yang mahal kang.. yang penting urusan perut beres..
    kalo orang kaya kita ato pejabat kaya juga gak mikir begituan, tapi mending beli rumah atau apartemen mewah dinegara tetangga..
    keep posting kang..

  7. Shanty Says:

    aq g’ begitu ngerti dengan seni, tapi heran lukisan itu bisa laku miliaran rupiah.

    Aq idem sama nunu, yang pasti bukan Pak Osu yang membeli lukisan itu!!!

  8. Ratasoe Says:

    Waeuh..mahalx bgt ya sob, harga lukisan mpe milyaran g2..mungkin sejarah yg bwt mahal kayax..hehe..

  9. delia4ever Says:

    yang pasti bukan lia juga pak osu.. hehehehehhe

    Analisa yang mantap ini… rata2 barang2 seni jadi mahal setelah pereka nya meninggal….

    heran juga.. kenapa penikmat seni suka seperti ini ya..heheheh…

    Salam kenal pak Osu

  10. rose Says:

    mahal sekali yaaa…😕

  11. sunflo Says:

    kalau aq kok ga suka yaa lukisan kek gtu… selain ga funya fulusnya lebih seneng lukisan yang kek aslinya… aliran apa namanya?? lupa…:mrgreen:

  12. Sugeng Says:

    Jadi inet lagu tak gendong nya mbah surip. Begitu orangnya tiada, lagunya menjadi hits dan dikangenim orang2. Mungkin terjadi juga sama koleksilukisan ini juga ya pak Osu😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  13. zee Says:

    Kalau saya jelas tidak mampu belinya. Tidak terkejarlah😀.

  14. richo Says:

    aku ga mudeng seni , kadang liat lukisan mahal perasaan biasa aja. tapi kok bs mahal. dasare mang ga mudeng seni, mudengnya ce cantik wkwkwk

  15. Sitopatop Says:

    lukisan yg sulit dimengerti.. hehee.. sukanya liat gambar gunung sama sawah aja saya pak..

    masih renndah selera seni saya.😀

  16. omiyan Says:

    hhmmm kapan akrya seni saya mahala ya … apa mati dulu ya …hahahahah

    ga ah ….

  17. Matt Wahyu Says:

    Pak Osu… kenapa mahal ya, seandainya uang segede itu untuk nyantuni anak2 yatim dan anak2 telantar … amboyyyy

  18. aldy Says:

    Karya seni seringkali tidak terukur nilainya, dimata orang lain mungkin hal seperti ini terasa aneh tetapi dimata para pecinta seni, berapapun harganya tetap akan dilahap.😀

  19. darahbiroe Says:

    hehhe
    bagiku
    hrga nomer 1
    berrti aku gak punya jiwa seni dunt
    hahahahhaha😀

  20. TUKANG COLONG Says:

    duh brow, sry ya aku gag bilang-bilang beli lukisan itu soalnya aku kan gag sombongg..;)

  21. Mbah Jiwo Says:

    mbah termasuk yg ngga bisa menikmati lukisan nih…repot jadinya…

  22. Sapril Says:

    Salam kenal pak Osu. Lukisan segitu mahalnya. Haduuh, orang saya nyetak foto wajah sendiri saya di studio foto aja selalu berasa kemahalan…. *ini parah, bukan hanya ga punya selera seni, tapi pelit!* hihihihi🙂

  23. rafli pratama Says:

    mendingan beli rumah , mobil , sama hp dah daripada beli lukisan ..

  24. kikakirana Says:

    nggak ngerti tuch kenapa koq lukisan itu sampai kejual segitu mahalnya…
    diliat darimananya ya… mending lukisan yang biasa” aja yang bener bagus… :d

    kalo lukisannya kek gini sech butuh penghayatan tersendiri:mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

  25. Huang Says:

    Kita mau bilang gimanapun juga pak, tetep aja ada pangsa pasar untuk penyuka barang tua/antik/entah ada nama lain apa. di rumah, saya masih punya anggur buatan doddy lafayet tapi masih belum lama,,, mau di endapin lebih lama lagi.. haha.. trus dijual😀

  26. Bibi Titi Teliti Says:

    waduh…
    mahal banget ya?
    kalo dipake buat jajan baso,
    bisa kebeli gerobaknya ama tukang baso nya deh…hihihi…

  27. pelangiituaku Says:

    haluuuu kawan blogger ^_^
    apa kabar…
    mampir iah ke blog saiia, lagi ikutan lomba niihh… jangan lupa tinggal jejak dikotak komentar iah ^^…
    caranya gampang banget tinggal klik :
    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/05/10/seorang-cowok-menjaga-kesehatn-kulit-wajar-nggak-sih/

    trus baca deh artikelnya dan kasih komentarr… =)
    kontribusi temen-temen sangat membantu saya untuk menyampaikan informasi seruuu

    check it out =)

    makasiiihhh ^^

    @ pelangiituaku
    Ok, langsung ke tekape

  28. soewoeng Says:

    lukisan mahal karena yang nglukis dah mati kayaknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: