Kaya Raya

Bacalah artikel dari salah satu situs berita dibawah ini.

VIVAnews – PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) telah menyetor Rp 1,119 triliun kepada pemerintah. Setoran ini menyangkut semua kewajiban keuangan berupa pajak, nonpajak, maupun royalti kuartal I-2010.

Seluruh kewajiban telah dibayar melalui Kementerian Keuangan pada Jumat 30 April 2010.

Khusus royalti, pembayaran pada periode tersebut mencapai Rp 60 miliar, atau lebih besar dibanding kuartal I-2009 sebesar Rp 33 miliar.

”Sebagai kontraktor pemerintah, kami tetap berkomitmen untuk memenuhi kewajiban keuangan tepat waktu, sesuai kontrak karya dan ketentuan lain yang berlaku,” kata Manajer Senior Hubungan Eksternal Newmont Nusa Tenggara Arif Perdanakusumah dalam keterangannya, Selasa 4 Mei 2010.

Pembayaran pajak terbesar pada kuartal I-2010 adalah pajak penghasilan badan (PPh 25) sebesar Rp 696 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibanding kuartal I-2010 senilai Rp 348 miliar.

Selanjutnya bunga, dividen, dan royalti (PPh26) sebesar Rp 164 miliar, atau naik dari sebelumnya Rp 4 miliar. Pajak penghasilan lain-lain (PPh 4,15,23) sebesar Rp 146 miliar, atau meningkat dari Rp 8 miliar. Sedangkan pajak penghasilan perorangan (PPh 21) sebesar Rp 36 miliar.

Hingga saat ini, Newmont Nusa Tenggara telah menyetor pajak, nonpajak, dan royalti sebesar Rp 16,2 triliun kepada negara.

Selain manfaat keuangan langsung kepada pemerintah, Newmont Nusa Tenggara juga memberikan manfaat ekonomi lainnya melalui pembayaran gaji kepada 8.000 karyawan dan kontraktor, pembelian barang dan jasa dari lokal maupun nasional, serta program-program pengembangan masyarakat. (art) • VIVAnews 4 Mei 2010.

Hanya dari satu perusahaan saja, jumlah pajak selama satu kuartal bisa terkumpul Rp. 1,1 triliun. Betapa besarnya penghasilan pajak dari sektor pertambangan. Andaikan jika dikelola secara baik. Jumlah perusahaan pertambangan yang beroperasi di bumi tercinta ratusan. Berapa jumlah pajak yang mereka setorkan tiap tahun? Tanyalah pada kantor pajak….

Indonesia begitu kaya-raya, tapi kenapa banyak rakyat yang miskin? ”Karena banyak kekayaan negara yang dikorup dan salah urus negara,” kata hati nurani. Hati nurani sering tidak ditempat ketika sedang dibutuhkan.

3 Tanggapan to “Kaya Raya”

  1. Usup Supriyadi Says:

    kenapa Hati nurani sering tidak ditempat ketika sedang dibutuhkan?

    karena kita tidak menyajikan hal yang bisa membuat hati nurani tetap berada di tempatnya . mari bersama kita memupuk diri . kita tercipta dari tanah, maka jadilah tanah yang subur …

  2. indobrad Says:

    Hati nurani tetap ada Pak. Tapi segera dibekap dan dipadamkan ketika ia bersuara.

    Salam kenal Pak. Saya dari deBlogger🙂

  3. yanrmhd Says:

    begitulah negeri ini, yang kaya masih silau
    dengan harta…

    salam,🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: