Kalau Untung Gua Terima Tantiem, Jika Rugi Gua Tetap Terima Gaji dan Fasilitas Wah. Enakkan…

Barusan kemaren, 18 Mei 2010 ngomongin bonus yang diterima pengurus Bank Mandiri. Lha, Jumat 20 Mei 2010 mata terbelalak lagi baca berita di Koran harian Berita Kota. Begini judul berita itu, “Bonus Direksi Bank BRI Rp 84,68 Miliar.” Dalam RUPS yang digelar, Kamis (20/5), memutuskan pemberian tantiem (bonus) bagi jajaran dan komisaris sebesar 1,16 persen dari total laba bersih perseroan tahun 2009. Tahun lalu BRI membukukan laba bersih Rp 7,3 triliun. Sekedar perbandingan, tantiem yang diterima pengurus Bank BNI sebesar Rp 56 miliar, komisaris dan jajaran direksi  Bank Mandiri menerima bonus Rp 83,056 miliar, dan tantiem yang diterima pengurus Bank BTN berjumlah Rp 15 miliar.

Nah, dari keempat bank plat merah itu, kalau dikumpulkan jumlah tantiemnya adalah Rp 238,736 miliar. Gueede, euy…  Andaikata tiap bank yang berhak menerima tantiem adalah sebanyak 17 orang,  sebagaimana yang berlaku di Bank Mandiri, maka jumlah orang yang menerima bonus istimewa ini adalah sebanyak 68 orang, yaitu dari hasil perkalian empat kali tujuh belas. Duit Rp 238,736 dibagi 68 orang, maka masing-masing orang menerima hepeng sebesar Rp 3,510 miliar. Wow… besar nian. Kerja setahun diganjar bonus Rp 3,510 miliar, kemana akan dicari uang pemberian sebesar itu dijaman susah (bagi PakOsu) seperti sekarang ini? Enakkan? Bukan enak lagi, tapi uuueeenak tenan.

Gimana gak enak. Coba pikir, kalau perusahaan rugi belum pernah denger para komisaris dan direksi perusahaan plat merah disuruh nombokin atau gak digaji. Belum ada sejarahnya, coy. Tapi begitu  perusahaan untung merekalah yang pertama kali kebagian. Kebagian apa itu? Itu, tuh, yang mereka sebut tantiem. Pantes aja kan kalau pada rebutan jadi komisaris perusahaan plat merah. Liat aja, udah jadi pejabat eselon satu, masih aja ngotot mempertahankan jadi komisaris di perusahaan. Ternyata pertengahan tahun bancakan, eh, tantiemnya  menggiurkan. Pertengahan tahun ketika musim RUPS datang: bancakan, bancakan,bancakan…

5 Tanggapan to “Kalau Untung Gua Terima Tantiem, Jika Rugi Gua Tetap Terima Gaji dan Fasilitas Wah. Enakkan…”

  1. agnes sekar Says:

    Selamat pagi Pak Osu, itulah tadi sepertinya tidak adil gaji yang satu pas-pasan sedang lainnya berpuluh-puluh kali lipat, ya inilah terkadang yang disodorkan dalam hidup ini. Satu hal yang perlu kita ingat adalah kenikmatan dari menikmati uang tsb, jika didapat dari yg tidak berkenan saya yakin digunakannya juga tidak menikmati, tapi jika memang rezekinya dan bagiannya digunakannya menjadi barokah untuk banyak orang, Terima kasih postingannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  2. Arman Says:

    wah iya… gile… enak banget ya…

  3. ardee Says:

    kalo di plat merah, apapun itu pasti enak kan pak… jauh beda ama swasta

  4. nikenmakki Says:

    beruntunglah orang2 yang pada dapet tantiem itu…*mupeng* moga2 bisa cepat seperti mereka, aminn😀

  5. iyant Says:

    gue juga mau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: