Gak Nyambung, dan Aku Bertanya

Dulu waktu masih di kampung sudah menunjukkan tanda-tanda seorang pemimpin. Dilihat dari gayanya yang suka mengatur dan kepintaran dalam berbicara ketika masih jaman pra remaja. Walaupun beda kampung, tapi ketika sering lewat kampungnya dan melihat dia waktu itu, sudah ada ada tanda-tanda akan jadi “orang”. Ketika aku tamat smp tidak pernah ketemu lagi sama dia.

Malam kemaren ketemu dia. Dibawa teman untuk menemuinya sekitar jam sebelas malam ke tempat dia menginap di hotel Ibis, Slipi, Jakarta Barat. Saling salam dan mengenalkan diri, maklum sekitar dua puluh tahun tak bersua. Cerita tentang keluarga dan kerjaan. Aku kaget sewaktu dia cerita kalau latar belakang pendidikannya adalah parawisata. Sedang usaha yang dia kelola sekarang ini adalah perusahaan jasa konstruksi. Sungguh tidak nyambung antara bidang pendidikan dan usaha yang dijalankannya. Dengan fasih dan gamblang dia menjelaskan harga upah pekerja, harga satuan, analisa harga, trik menekan harga, cara efektif melaksanakan pekerjaan, dan teknik negosiasi. Lalu kenapa bisa?

Dia menjelaskan bisa karena alah biasa. Maksudnya dia mulai dari nol, tidak ujug-ujug. Ibarat bayi, dia mulai dari merangkak, jatuh bangun dalam mencoba, dan akhirnya bisa berjalan. Sekarang dia bahkan, kalau diibaratkan,  bisa berlari dalam bidang usaha yang digelutinya.

Saya jadi malu sendiri. Latar belakang pendidikan ada hubungannya dengan konstruksi, pengalaman kerja di bidang konstruksi melulu, dan bukan sombong punya kemampuan teknis seperti yang dibutuhkan kalau mau berkubang dibidang bangun-membangun itu. Lalu kenapa belum bisa seperti dia? Aku mempertanyakan nyali aku sendiri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: