Archive for Juni, 2010

Sepuluh Kepribadian Orang Sukses

Juni 19, 2010

Sebenarnya apa, sih, unsur kepribadian seorang sukses, baik sukses finansial maupun prestasi? Oh, banyak kata seorang pakar. Apa saja yang banyak itu, kawan? Saya tidak akan mengutip pendapat seorang pakar, tapi saya akan mengutipkan langsung dari orang yang sukses itu menurut kacamata saya pribadi. Orang yang saya maksud adalah Jeani S. Bev, seorang konsultan, entrepreneur, penulis dan edukator yang bertempat tinggal di San Francisco. Seorang Indonesia yang sukses dalam iklim ketatnya kompetisi Amerika. Ada 10 unsur kepribadian yang dikedepankan oleh orang sukses menurut mba Jeani S. Bev berdasarkan dari komunikasi, pengalaman dan pergaulan selama ini dengan  para orang kaya di negeri paman sam itu yang sudah beliau saripatikan. Inilah sikap orang sukses itu:

Satu, keberanian untuk berinisiatif.
Dua, tepat waktu.
Tiga, senang melayani dan memberi.
Empat, membuka diri terlebih dahulu.

Lima, senang bekerja sama dan membina hubungan baik.
Enam, senang mempelajari hal-hal baru.
Tujuh, jarang mengeluh, profesionalisme adalah yang paling utama.
Delapan, berani menanggung resiko.

Sembilan, tidak menunjukkan kekhawatiran (berpikir positif setiap saat).
Sepuluh, “comfortable in their own skin

Apabila anda belum mempunyai sikap seperti diatas, jangan khawatir, masih ada waktu. Tapi saya sudah berumur sekian puluh tahun, sudah tidak muda lagi, gimana dong? Sekali lagi jangan khawatir, dont worry be happy. Selagi masih bernapas masih ada kesempatan untuk jadi orang sukses. Tanamkan mindset positif, beranilah mengambil sikap seperti tersebut diatas untuk membuka jalan menuju sukses.

Secara umum kita tidak bisa berubah secara drastis. Jadi mulailah berubah dari hal-hal yang kecil dulu. Misal, karena doyan nonton piala dunia tidur selalu larut malam bahkan menjelang subuh, akibatnya bangun kesiangan. Sebab bangun kesiangan banyak hal buruk terjadi, bahkan bisa terjadi berakibat derivatif yang tidak baik karena suka begadang ini: waktu beribadah sholat subuh tidak pada waktunya; tergesa-gesa waktu mandi untuk persiapan keberangkatan bekerja karena telat bangun; telat masuk kerja; mengantuk dalam jam kerja sehingga performance menurun; badan tidak tidak bugar lama-lama kesehatan menurun lalu sakit; dll.  Nah, mari berubah secara perlahan, selesai nonton siaran langsung piala dunia jam sebelasan malam hari langsung go to the bed. Tidur lebih awal supaya bangun tidur bisa lebih pagi. Bangun dipagi hari udara masih fresh bagus buat kesehatan tubuh. Dengan bangun lebih pagi banyak hal yang bisa kita kerjakan dan persiapan aktifitas bisa lebih baik karena punya waktu yang cukup.

Mari kita mulai dari hal-hal yang kecil, mulai dari diri sendiri, dan lakukan dari sekarang. Ingat kita tidak bisa berubabah secara drastis, jadi mari kita mulai secara perlahan, walaupun tidak bisa semua sikap yang tersebut diatas dapat kita terapkan sekaligus. Ayo menjadi orang sukses dengan penerapan sepuluh sikap tadi. Kalau sepuluh sikap tadi sudah menjadi hal yang menyatu dengan diri kita, sukses tinggal menunggu waktu. Amin.

Harga Bisa Nego

Juni 4, 2010

indomaret pasir randu-serang, cikarang

Setelah belasan tahun bekerja di bidang konstruksi, tentu sedikit banyak mengetahui seluk-beluk soal konstruksi. Ahli, sih, belum tapi cukup paham dan mengertilah. Karena lebih sering berada di lapangan sebagai site supervisor/site manager, maka berpengalaman mengawasi pembangunan untuk Rumah Tinggal, Kolam Renang,  Ruko, Sekolah, Pasar, Pabrik, Mal, Minimarket, Interior Departemen Store, Gedung Perkantoran, SPBU, sampai Tower Telekomunikasi. Bahkan juga pernah mengawasi pengurugan lahan untuk rencana pasar agro yang ada di Sidoarjo, Jawa Timur.

Dari kekayaan pengalamanan itu saya bisa menjamin akan berusaha memuaskan Anda jika berkeinginan untuk menggunakan jasa saya untuk design, konsultan pengawas, konsultan kontraktor atau bisa juga sebagai kontraktor itu sendiri untuk bangunan yang akan anda buat.  Harga bisa dinegosiasikan.Yang penting Anda puas dan bisa merasakan hasil kerja saya yang  diharapkan membanggakan. Saya bisa membantu anda untuk membuat Site Plan, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Detail Struktur, Rencana Penulangan Plat, Perhitungan Struktur, Gambar Detail Arsitektur, Gambar Elektrikal, Gambar Mekanikal, Plumbing, Lansekap dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Lho, kok diborong semua? Lha, iya kalau Anda mau terima jadi, gak mau repot.

Nah, tunggu apalagi segera hubungi saya di telepon : (021) 92194404, 081383529484. Atau kalau pengen surat-suratan di: alris587@gmail.com

saya gak bohong, tuh diatas saya tampangin bangunan yang pernah saya awasi pembangunannya, bukan cuma ngawasi doang tapi juga pelaksana bangunan itu… Header Image blog saya ini juga bukti nyata, kawan!

Detik-Detik Perkenalan Mourinho

Juni 3, 2010

Posting ini saya ambil dari situs duniasoccer dot kom edisi 31 Mei 2010. Saya posting karena memang saya suka sepakbola, dan penjelasan Mourinho saat diperkenalkan sebagai pelatih amat menarik bagi saya. Banyak quote positif yang bisa kita ambil dari kalimat-kalimat yang dilontarkan The Special One.


Inilah momen menjelang perkenalan Jose Mourinho sebagai pelatih anyar Real Madrid di Santiago Bernabeu, Senin (31/5).Seperti diurutkan oleh Marca. (Adek.jalu)

Berikut detik-detik perkenalan The Special One:

12:15 Ruang konferensi pers di Santiago Bernabeu telah disiapkan pihak Madrid.

12:30 Ratusan jurnalis telah tiba sejak pukul 11.00 waktu setempat di ruang konferensi pers Santiago Bernabeu. Jurnalis dari Portugal juga ikut datang dalam acara perkenalan ini.

12:35 Fotografer dan kameraman telah mengambil posisi di barisan depan untuk mengambil dari dekat saat Mourinho memasuki ruang konferensi pers.

12:40 Penjagaan ekstra ketat di ruang konferensi pers Santiago Bernabeu. Empat personil keamanan klub telah berjaga-jaga untuk mengawal Mourinho saat memasuki ruang perkenalan.

12:45 Mourinho meminta acara perkenalan secara sederhana.

12:50 Ketegangan meliputi para jurnalis. Fotografer telah bersiap-siap mengambil gambar Mourinho. Untuk saat ini Mourinho belum muncul.

13:00 Mourinho akan tampil di sebelah Jorge Valdano. Sedangkan perwakilan pelatih, Jorge Mendes, duduk di barisan depan.

13:02 Mourinho masuk ke ruang konferensi pers Santiago Bernabeu. Mourinho menatap ke arah para jurnalis dan fotografer yang sibuk mengambil gambarnya.

13:04 Acara perkenalan Mourinho dimulai. Para fotografer masih sibuk mengambil gambar Mourinho.

13:05 Mourinho tersenyum. Jorge Valdano bersiap berbicara

13:07 Valdano: “Mourinho diikat Madrid untuk 4 musim. Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami dilatih salah satu pelatih terbaik dunia.”

13:09 Mourinho: “Selamat pagi. Saya tak bisa bicara Bahasa Castilian dengan baik. Saya perlu berlatih sebulan agar bisa berbicara bahasa Castilian kepada kalian dengan lebih efektif.”

13:12 Mourinho membeberkan jika dirinya bertekad membawa Madrid menjadi juara.

13:14 “Saya pikir, seluruh pelatih seharusnya bersiap untuk hal terburuk. Tapi, jika pelatih sudah khawatir tak bisa melatih dengan baik, itu akan menghadirkan kesulitan. Saya punya kepercayaan dan harga diri. Saya pikir, empat tahun kontrak saya adalah waktu yang cukup untuk menang dan membentuk identitas tim. Kegagalan Pellegrini memang membuat saya senang, sebab itulah sepak bola. Saya menaruh kepercayaan besar kepada para pemain. Saya pun berharap mereka memiliki kepercayaan yang sama besar kepada saya. Saya mengucapkan terima kasih kepada manajemen telah memilih saya. Saya berjanji takkan berubah. Saya adalah Jose Mourinho dengan segala kualitas dan kesalahannya.”

13:17 “Kami harus mengubah beberapa hal agar sejalan dengan cara saya bekerja. Mencoba beradaptasi sesuai keinginan saya sebagai pelatih.”

13:18 “Saya hanyalah pelatih. Tak lebih dari itu. Saya adalah pelatih di sebuah tim dengan tanggung jawab sepenuhnya ada pada saya. Tapi, pelatih tak bisa hebat jika tak didukung struktur yang bagus. Saya selalu ingin yang terbaik untuk bekerja sama dengan saya.”

13:20 “Ini adalah saat yang tepat untuk menganalisis segala sesuatu. Cristiano Ronaldo adalah pemain yang paling penting di Madrid. Tapi, pemain adalah bagian dari tim. Klublah yang terpenting, bukan pemain. Ronaldo seperti halnya saya adalah orang yang suka menang dan menjadi pemenang.”

13:22 “Siapa yang terbaik ditentukan dari hasil akhir. Saya hanyalah manusia yang juga bisa salah. Saya tak bisa melupakan mantan pemain saya. Saya pernah punya tim fantastis musim lalu yang berisi pemain dengan harapan bisa memenangkan segalanya. Mereka memiliki hati juara. Fantastis. Namun, kini saya harus melupakan mereka karena tak lagi melatih Inter.”

13:24 Valdano kemudian berbicara soal Pellegrini. Menurut dia, pemilihan Mourinho tak lepas dari kebutuhan Madrid untuk meneruskan proyek juara yang telah dibentuk. “Tuga saya adalah menjaga Mourinho.”

13:26 Mourinho kemudian menjawab beberapa pertanyaan dalam bahasa Spanyol, Inggris, Italia, dan Portugis.

13:28 “Saya berbicara dengan Raul pagi ini. Saya tak mau membuang waktu. Saya sarapan dengan dia dan bertukar pikiran laiknya seorang pelatih dengan pemain.”

13:30 “Saya pun respek terhadap hasil kerja Pellegrini di Madrid. Saya berharap dia memiliki masa depan yang lebih baik dan mendapatkan tim sesuai dengan ambisinya. Namun, saat ini saya tak mau lagi berbicara soal masa lalu.”

13:32 :Saya bukanlah anti-Barcelona. Saya adalah pelatih Madrid dan Barcelona tak membuat saya khawatir. Barcelona memang menjadi pesaing berat di Liga Champions dan La Liga. Tapi, saya tak memikirkan klub itu saat ini. Jika saya dibenci di Barcelona, itu bukan masalah saya.”

13:34 “Identitas tak ada hubungannya dengan asal negara. Identita klub tak pernah berubah. Saya menerapkannya kepada para pemain dan klub. Saya puas dengan basis yang telah dibuat musim lalu sehingga saya tak perlu melakukan perubahan dramatis. Cukup 3-4 pemain saja. Jadi, pada bursa transfer musim panas ini, kami tak perlu belanja besar.”

13:40 Dia pun membantah anggapan yang menganggapnya menerapkan taktik defensif. “Saya tampil di final Piala UEFA dan dua Liga Champions. Kami memenangi ketiganya dan mencetak 8 gol. Satu hal penting adalah soal organisasi dan cara bertahan. Sebuah tim harus bisa bertahan dan menyerang sama baiknya.”

13:44 “Sangat penting memiliki sikap untuk mau belajar setiap hari. Liga Italia sangatlah sulit. Saya menjadi pelatih yang lebih baik dalam dua bulan di sana. Saya berharap mengatakannya demikian saat menjadi juara di Spanyol. Kultur pelatih akan semakin kaya jika bekerja di banyak liga. Saya adalah pelatih yang sangat kaya dan terdidik.”

13:45 “Saya tak mau berbicara soal pelatih Inter selanjutnya. Tapi, Inter memiliki tim masa depan. Memang, ada beberapa pemain veteran. Tapi, tim selalu membangun kembali untuk kesuksesan sekarang dan masa depan. Untuk itu, dibutuhkan pelatih yang berkualitas. Saya berharap Inter mendapatkan pelatih cerdas. Saya merasa beruntung bisa meraih tiga gelar berbeda di sana.”

13:47 Valdani berbicara kembali. Dia menolak menjawab pertanyaan soal kontrak Mourinho. Yang jelas, kedua belah pihak sama-sama puas.

13:48 Mourinho kemudian melanjutkan. “Saya bukanlah provokator. Saya pekerja keras dan menginginkan respek. Jika mendapatkan respek, tak akan ada masalah dengan saya atau tim saya.”

13:51 “Saya adalah pelatih yang punya filosofi. Saya selalu mencoba menjadi yang terbaik bagi para pemain. Biasanya, pemain akan mengevaluasi kemampuannya setelah dilatih oleh saya. Sebuah tim memang seharusnya seimbang, harus bisa bermain dengan bola atau tanpa bola dengan baik. Baik dalam menyerang dan bertahan. Untuk memenangi laga, terutama laga krusial, dibutuhkan keseimbangan mental dan psikologis. Kualitas tanpa hal itu hanyalah kemustahilan.”

13:53 “Saya tak akan berbicara soal Raul lagi. Saya belum bicara soal dia kepada klub. Saya baru datang hari ini dan belum melakukan apa pun. Sebab, saya bukan bagian dari sejarah Madrid sedangkan Raul iya. Saya respek kepadanya. Jujur saja, saya tak bisa memperlakukan dia sama dengan pemain lain.”

13:54 “Sepak bola lebih dari sekadar taktik atau latihan. Sepak bola adalah bermain dengan karakter orang yang berbeda dalam satu tim dan berlaku seperti keluarga. Klub adalah keluarga kedua. Untuk mencapainya, harus ada empati besar. Saya ingin melakukan pendekatan di Madrid seperti halnya di Chelsea dan Porto.”

13:55 “Terpenting adalah menjuarai Liga Champions. Tak peduli yang terjadi setelahnya.”

14:00 “Saya tak bisa menjanjikan akan bisa memenangi Liga Champions. Sepak bola tetap sepak bola. Yang bisa saya janjikan adalah membuat tim ini ditakuti setiap lawan. Kami akan bermain menghadapi Inter Milan, Chelsea, atau Bayern Muenchen. Madrid mempunyai tradisi luar biasa di Liga Champions. Namun, negatif dalam beberapa musim terakhir. Kami akan mencoba bermain lepas. Saya bermimpi membawa tim ini ke Wembley (final Liga Champions musim depan). Tekanan justru akan membuat saya tambah termotivasi.”

Selesai

ORANG BODOH & ORANG PINTAR

Juni 2, 2010

Ini tulisan bukan karangan saya, suer… Saya dapat dari dunia maya, dari searching beberapa waktu lalu. Ya, ketika masih jaman kerja jadi tangan dibawah. Waktu luang di kantor waktu itu suka “malala” di dunia maya, cari-cari tulisan yang menginspirasi. Salah satu yang didapat waktu itu adalah tulisan dibawah ini. Selamat menikmati, semoga juga bisa menginspirasi anda, para pembaca.

1. Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya dia bisnis. Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang Pintar. Walhasil Bosnya orang pintar adalah orang bodoh.
2. Orang bodoh sering melakukan kesalahan, maka dia rekrut orang pintar yang tidak pernah salah untuk memperbaiki yang salah. Walhasil orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk keperluan orang bodoh.
3. Orang pintar belajar untuk mendapatkan ijazah untuk selanjutnya mendapatkan kerja. Orang bodoh berpikir secepatnya mendapatkan uang untuk membayari proposal yang diajukan orang pintar.
4. Orang bodoh tidak bisa membuat teks pidato, maka disuruh orang pintar untuk membuatnya.
5. Orang Bodoh kayaknya susah untuk lulus sekolah hukum (SH) oleh karena itu orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk membuat undang-undangnya orang bodoh.
6. Orang bodoh biasanya jago cuap-cuap jual omongan, sementara itu orang pintar percaya. Tapi selanjutnya orang pintar menyesal karena telah mempercayai orang bodoh.Tapi toh saat itu orang bodoh sudah ada diatas.
7. Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu. Dipikirkan panjang-panjang oleh orang pintar, walhasil orang orang pintar menjadi staffnya orang bodoh.
8. Saat bisnis orang bodoh mengalami kelesuan, dia PHK orang-orang pintar yang berkerja. Tapi orang-orang pintar DEMO, Walhasil orang-orang pintar meratap-ratap” kepada orang bodoh agar tetap diberikan pekerjaan.
9. Tapi saat bisnis orang bodoh maju, orang pinter akan menghabiskan waktu untuk bekerja keras dengan hati senang, sementara orang bodoh menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan keluarganya.
10. Mata orang bodoh selalu mencari apa yang bisa di jadikan duit. Mata orang pintar selalu mencari kolom lowongan perkerjaan.
11. Bill gate (Microsoft), Dell, Hendri (Ford), Thomas Alfa Edison, Tommy Suharto, Liem Siu Liong (BCA group). Adalah orang-orang Bodoh (tidak pernah dapat S1) yang kaya. Ribuan orang-orang pintar bekerja untuk mereka. Dan puluhan ribu jiwa keluarga orang pintar bergantung pada orang bodoh.

PERTANYAANYA ADALAH :
1. Jadi mending jadi orang pinter atau orang bodoh?
2. Pinteran mana antara orang pinter atau orang bodoh?
3. Mulia mana antara orang pinter atau orang bodoh??
4. Susah mana antara orang pinter atau orang bodoh??

KESIMPULANNYA ADALAH :
1. Jangan lama-lama jadi orang pinter, lama-lama tidak sadar bahwa dirinya telah dibodohi oleh orang bodoh.
2. Jadilah Orang bodoh yang pinter dari pada jadi orang pinter yang bodoh.
3. Kata kunci nya adalah “RISK” dan “EFFORT”, karena orang bodoh berpikir pendek maka dia bilang resikonya kecil, selanjutnya dia berusaha agar resiko betul-betul kecil. Orang pinter berpikir panjang maka dia bilang resikonya besar untuk selanjutnya dia tidak akan berusaha mengambil resiko tersebut, dan mengabdi pada orang bodoh.