Detik-Detik Perkenalan Mourinho

Posting ini saya ambil dari situs duniasoccer dot kom edisi 31 Mei 2010. Saya posting karena memang saya suka sepakbola, dan penjelasan Mourinho saat diperkenalkan sebagai pelatih amat menarik bagi saya. Banyak quote positif yang bisa kita ambil dari kalimat-kalimat yang dilontarkan The Special One.


Inilah momen menjelang perkenalan Jose Mourinho sebagai pelatih anyar Real Madrid di Santiago Bernabeu, Senin (31/5).Seperti diurutkan oleh Marca. (Adek.jalu)

Berikut detik-detik perkenalan The Special One:

12:15 Ruang konferensi pers di Santiago Bernabeu telah disiapkan pihak Madrid.

12:30 Ratusan jurnalis telah tiba sejak pukul 11.00 waktu setempat di ruang konferensi pers Santiago Bernabeu. Jurnalis dari Portugal juga ikut datang dalam acara perkenalan ini.

12:35 Fotografer dan kameraman telah mengambil posisi di barisan depan untuk mengambil dari dekat saat Mourinho memasuki ruang konferensi pers.

12:40 Penjagaan ekstra ketat di ruang konferensi pers Santiago Bernabeu. Empat personil keamanan klub telah berjaga-jaga untuk mengawal Mourinho saat memasuki ruang perkenalan.

12:45 Mourinho meminta acara perkenalan secara sederhana.

12:50 Ketegangan meliputi para jurnalis. Fotografer telah bersiap-siap mengambil gambar Mourinho. Untuk saat ini Mourinho belum muncul.

13:00 Mourinho akan tampil di sebelah Jorge Valdano. Sedangkan perwakilan pelatih, Jorge Mendes, duduk di barisan depan.

13:02 Mourinho masuk ke ruang konferensi pers Santiago Bernabeu. Mourinho menatap ke arah para jurnalis dan fotografer yang sibuk mengambil gambarnya.

13:04 Acara perkenalan Mourinho dimulai. Para fotografer masih sibuk mengambil gambar Mourinho.

13:05 Mourinho tersenyum. Jorge Valdano bersiap berbicara

13:07 Valdano: “Mourinho diikat Madrid untuk 4 musim. Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami dilatih salah satu pelatih terbaik dunia.”

13:09 Mourinho: “Selamat pagi. Saya tak bisa bicara Bahasa Castilian dengan baik. Saya perlu berlatih sebulan agar bisa berbicara bahasa Castilian kepada kalian dengan lebih efektif.”

13:12 Mourinho membeberkan jika dirinya bertekad membawa Madrid menjadi juara.

13:14 “Saya pikir, seluruh pelatih seharusnya bersiap untuk hal terburuk. Tapi, jika pelatih sudah khawatir tak bisa melatih dengan baik, itu akan menghadirkan kesulitan. Saya punya kepercayaan dan harga diri. Saya pikir, empat tahun kontrak saya adalah waktu yang cukup untuk menang dan membentuk identitas tim. Kegagalan Pellegrini memang membuat saya senang, sebab itulah sepak bola. Saya menaruh kepercayaan besar kepada para pemain. Saya pun berharap mereka memiliki kepercayaan yang sama besar kepada saya. Saya mengucapkan terima kasih kepada manajemen telah memilih saya. Saya berjanji takkan berubah. Saya adalah Jose Mourinho dengan segala kualitas dan kesalahannya.”

13:17 “Kami harus mengubah beberapa hal agar sejalan dengan cara saya bekerja. Mencoba beradaptasi sesuai keinginan saya sebagai pelatih.”

13:18 “Saya hanyalah pelatih. Tak lebih dari itu. Saya adalah pelatih di sebuah tim dengan tanggung jawab sepenuhnya ada pada saya. Tapi, pelatih tak bisa hebat jika tak didukung struktur yang bagus. Saya selalu ingin yang terbaik untuk bekerja sama dengan saya.”

13:20 “Ini adalah saat yang tepat untuk menganalisis segala sesuatu. Cristiano Ronaldo adalah pemain yang paling penting di Madrid. Tapi, pemain adalah bagian dari tim. Klublah yang terpenting, bukan pemain. Ronaldo seperti halnya saya adalah orang yang suka menang dan menjadi pemenang.”

13:22 “Siapa yang terbaik ditentukan dari hasil akhir. Saya hanyalah manusia yang juga bisa salah. Saya tak bisa melupakan mantan pemain saya. Saya pernah punya tim fantastis musim lalu yang berisi pemain dengan harapan bisa memenangkan segalanya. Mereka memiliki hati juara. Fantastis. Namun, kini saya harus melupakan mereka karena tak lagi melatih Inter.”

13:24 Valdano kemudian berbicara soal Pellegrini. Menurut dia, pemilihan Mourinho tak lepas dari kebutuhan Madrid untuk meneruskan proyek juara yang telah dibentuk. “Tuga saya adalah menjaga Mourinho.”

13:26 Mourinho kemudian menjawab beberapa pertanyaan dalam bahasa Spanyol, Inggris, Italia, dan Portugis.

13:28 “Saya berbicara dengan Raul pagi ini. Saya tak mau membuang waktu. Saya sarapan dengan dia dan bertukar pikiran laiknya seorang pelatih dengan pemain.”

13:30 “Saya pun respek terhadap hasil kerja Pellegrini di Madrid. Saya berharap dia memiliki masa depan yang lebih baik dan mendapatkan tim sesuai dengan ambisinya. Namun, saat ini saya tak mau lagi berbicara soal masa lalu.”

13:32 :Saya bukanlah anti-Barcelona. Saya adalah pelatih Madrid dan Barcelona tak membuat saya khawatir. Barcelona memang menjadi pesaing berat di Liga Champions dan La Liga. Tapi, saya tak memikirkan klub itu saat ini. Jika saya dibenci di Barcelona, itu bukan masalah saya.”

13:34 “Identitas tak ada hubungannya dengan asal negara. Identita klub tak pernah berubah. Saya menerapkannya kepada para pemain dan klub. Saya puas dengan basis yang telah dibuat musim lalu sehingga saya tak perlu melakukan perubahan dramatis. Cukup 3-4 pemain saja. Jadi, pada bursa transfer musim panas ini, kami tak perlu belanja besar.”

13:40 Dia pun membantah anggapan yang menganggapnya menerapkan taktik defensif. “Saya tampil di final Piala UEFA dan dua Liga Champions. Kami memenangi ketiganya dan mencetak 8 gol. Satu hal penting adalah soal organisasi dan cara bertahan. Sebuah tim harus bisa bertahan dan menyerang sama baiknya.”

13:44 “Sangat penting memiliki sikap untuk mau belajar setiap hari. Liga Italia sangatlah sulit. Saya menjadi pelatih yang lebih baik dalam dua bulan di sana. Saya berharap mengatakannya demikian saat menjadi juara di Spanyol. Kultur pelatih akan semakin kaya jika bekerja di banyak liga. Saya adalah pelatih yang sangat kaya dan terdidik.”

13:45 “Saya tak mau berbicara soal pelatih Inter selanjutnya. Tapi, Inter memiliki tim masa depan. Memang, ada beberapa pemain veteran. Tapi, tim selalu membangun kembali untuk kesuksesan sekarang dan masa depan. Untuk itu, dibutuhkan pelatih yang berkualitas. Saya berharap Inter mendapatkan pelatih cerdas. Saya merasa beruntung bisa meraih tiga gelar berbeda di sana.”

13:47 Valdani berbicara kembali. Dia menolak menjawab pertanyaan soal kontrak Mourinho. Yang jelas, kedua belah pihak sama-sama puas.

13:48 Mourinho kemudian melanjutkan. “Saya bukanlah provokator. Saya pekerja keras dan menginginkan respek. Jika mendapatkan respek, tak akan ada masalah dengan saya atau tim saya.”

13:51 “Saya adalah pelatih yang punya filosofi. Saya selalu mencoba menjadi yang terbaik bagi para pemain. Biasanya, pemain akan mengevaluasi kemampuannya setelah dilatih oleh saya. Sebuah tim memang seharusnya seimbang, harus bisa bermain dengan bola atau tanpa bola dengan baik. Baik dalam menyerang dan bertahan. Untuk memenangi laga, terutama laga krusial, dibutuhkan keseimbangan mental dan psikologis. Kualitas tanpa hal itu hanyalah kemustahilan.”

13:53 “Saya tak akan berbicara soal Raul lagi. Saya belum bicara soal dia kepada klub. Saya baru datang hari ini dan belum melakukan apa pun. Sebab, saya bukan bagian dari sejarah Madrid sedangkan Raul iya. Saya respek kepadanya. Jujur saja, saya tak bisa memperlakukan dia sama dengan pemain lain.”

13:54 “Sepak bola lebih dari sekadar taktik atau latihan. Sepak bola adalah bermain dengan karakter orang yang berbeda dalam satu tim dan berlaku seperti keluarga. Klub adalah keluarga kedua. Untuk mencapainya, harus ada empati besar. Saya ingin melakukan pendekatan di Madrid seperti halnya di Chelsea dan Porto.”

13:55 “Terpenting adalah menjuarai Liga Champions. Tak peduli yang terjadi setelahnya.”

14:00 “Saya tak bisa menjanjikan akan bisa memenangi Liga Champions. Sepak bola tetap sepak bola. Yang bisa saya janjikan adalah membuat tim ini ditakuti setiap lawan. Kami akan bermain menghadapi Inter Milan, Chelsea, atau Bayern Muenchen. Madrid mempunyai tradisi luar biasa di Liga Champions. Namun, negatif dalam beberapa musim terakhir. Kami akan mencoba bermain lepas. Saya bermimpi membawa tim ini ke Wembley (final Liga Champions musim depan). Tekanan justru akan membuat saya tambah termotivasi.”

Selesai

15 Tanggapan to “Detik-Detik Perkenalan Mourinho”

  1. Miss Rinda Says:

    mksh udh mmpir y pak osu..bay de weyyy..ini personal templetQ…^^
    yg pakosu mampirin blog designan templetQ,,,hehehe slm knal pakosu ^_^

  2. ariefborneo Says:

    Kunjungan balik mas..akhir na morinho jd jg ke madrid y mas…thnxs ulasannya.

  3. nurisolo Says:

    madrid berbahaya jika ditangani mourinho.. la liga kayaknya akan makin seru..

  4. Agung Prasetyo Says:

    Saya yakin The Special One bisa membuat Real Madrid The Real Los Galticos. Amin

    Soalnya saya Madridista pak. Hehe

  5. r10 Says:

    pelatih favorit saya adalah fabio capello, namun bila saya melatih saya justru akan mengambil style jose mourinho:mrgreen:

  6. chachanpesulaphandal Says:

    moga the special one bisa mengangkat prestasi real madrid yang terpuruk beberapa musim belakangan ini…

  7. elmoudy Says:

    wah suka dengan kata2 Mourinho..
    sangat menginspirasi…
    great person!!

  8. TuSuda Says:

    Iya Pak, beliau merupakan pelatih yang berkarakter juara. Kayaknya tim apapun yang diasuhnya akan menjadi jawara segala lini.

  9. Puskel Says:

    Benar, seorang pelatih yang hebat harus didukung oleh mental tim yang hebat dan berkarakter juara, seperti pernyataannya.

  10. djiesaka Says:

    mourinho emang top..

  11. Agung Pushandaka Says:

    Terharu membaca 13:22. Tapi itu musim lalu. Sekarang, jose adalah rival. Sampai bertemu lagi di musim depan, sebagai lawan.

    Forza Inter!!🙂

  12. anonymous Says:

    sosok yang sering bikin kontrofersi..

    tapi prestasinya luar biasa..

    semoga musim depan madrid bisa meraih sukses..

  13. zheraf Says:

    jagoku dari dulu ni morinho, thanks dah mampir

  14. archicompartner Says:

    kunjungan balik,,,makasih sudah mampir di blog saya,,,

  15. Rahasia Bisnis Online Says:

    Salut dan emang top abis…
    Salam sukses Kawan!

Tinggalkan Balasan

